Sabtu, 28 Januari 2012

4 faktor muncul nya indentitas suatu bangsa

Share on :

4 faktor muncul nya indentitas suatu bangsa

yaitu
faktor primer , faktor pendorong, faktor penarik dan faktor reaktif.

* Faktor pertama, mencakup etnisitas, teritorial, bahasa, agama dan yang sejenisnya. Bagi bangsa Indonesia yang tersusun atas berbagai macam etnis, bahasa, agama wilayah serta bahasa daerah, merupakan suatu kesatuan meskipun berbeda-beda dengan kekhasan masing-masing. Unsur-unsur yang beraneka ragam yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri menyatukan diri dalam suatu persekutuan hidup bersama yaitu bangsa Indonesia. Kesatuan tersebut tidak menghilangkan keberanekaragaman, dan hal inilah yang dikenal dengan Bhineka Tunggal Ika.
* Faktor kedua, meliputi pembangunan komunikasi dan teknologi, lahirnya angkatan bersenjata modern dan pembangunan lainnya dalam kehidupan Negara. Dalam hubungan ini bagi suatu bangsa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan negara dan bangsanya juga merupakan suatu identitas nasional yang bersifat dinamis. Oleh karena itu bagi bangsa Indonesia proses pembentukan identitas nasional yang dinamis ini sangat ditentukan oleh tingkat kemampuan dan prestasi bangsa Indonesia dalam membangun bangsa dan negaranya. Dlm hub ini kesatuan dan persatuan sangat diperlukan.
* Faktor ketiga, mencakup kodifikasi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi, dan pemantapan sistem pendidikan nasional. Bagi bangsa Indonesia bahasa telah merupakan bahasa persatuan dan kesatuan nasional, sehingga bahasa Indonesia telah merupakan bahasa resmi negara dan bangsa Indonesia. Bahasa Melayu telah dipilih sebagai bahasa antar etnis atau daerah di Indonesia telah memiliki bahasa daerah masing-masing. Demikian pula menyangkut birokrasi serta pendidikan nasional telah dikembangkan sedemikian rupa meskipun sampai saat ini senantiasa dikembangkan.
* Faktor keempat, meliputi penindasan, dominasi, dan pencarian identitas alternatif melalui memori kolektif rakyat. Bangsa Indonesia yang hampir tiga setengah abad dikuasai oleh bangsa lain sangat dominan dalam mewujudkan faktor keempat melalui memori kolektif rakyat Indonesia. Penderitaan dan kesengsaraan hidup serta semangat bersama dalam memperjuangkan kemerdekaan merupakan faktor yang sangat strategis dalam membentuk memori kolektif rakyat. Semangat perjuangan, pengorbanan, menegakkan kebenaran dapat merupakan identitas untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Tambahan sedikit

akar-akar nasionalisme indonesia yang berkembang dalam perspektif sejarah sekaligus juga merupakan unsur-unsur indentitas nasional, yaitu nilai- nilai yang tumbuh dan berkembang dalam sejarah terbentuknya bangsa indonesia

Penulis
PROF.DR.H. KAELAN, M.S.
DRS. H. ACHMAD ZUBAIDI, M.SI.

DOSEN

UNIVERSITAS GAJAH MADA YOGYAKARTA


sumber

Om google

DAN

PARADIGMA

DAN


PAK Edi Kusmayadi

Dan
Saya Sendiri ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

Trima kasiH sudah membaca artikel ( postingan ) saya..

silahkan tinggalkan komentar anda.

Karna Komentar anda sangat berarti untuk kemajuan Blog ini ^_^